Salah satu kegiatan terpenting untuk proses SEO adalah analisis kompetitif awal. Proses ini harus benar mengidentifikasi target SEO Anda dan memberikan masukan mendasar untuk menetapkan keseluruhan strategi Anda.

Bergantung pada jenis, industri, dan cakupan proses SEO, analisis ini bisa menjadi sangat kompleks, karena ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan-lebih banyak daripada sebelumnya.

Untuk memudahkan proses ini (dan memudahkan untuk mereplikasi, mengendalikan, dan mendokumentasikan), saya telah menciptakan alur kerja selangkah demi selangkah dengan berbagai aktivitas dan faktor yang harus dipertimbangkan, termasuk mengidentifikasi pesaing SEO, mengumpulkan potensi Kata kunci untuk menargetkan, menilai tingkat kesulitan mereka, dan memilihnya berdasarkan kriteria yang ditetapkan:

Jika Anda mau, Anda juga bisa meraih versi resolusi yang lebih tinggi dari alur kerja dari sini .

Empat tahap analisis

Seperti yang bisa Anda lihat, alur kerja analisis SEO terbagi menjadi empat tahap:

1. Identifikasi calon pesaing SEO Anda

Fase awal ini sangat membantu jika Anda memulai dengan proses SEO untuk klien atau industri baru yang tidak Anda ketahui, dan Anda perlu memulai dari awal untuk mengidentifikasi semua pesaing yang berpotensi relevan.

Penting untuk dicatat bahwa ini tidak terbatas pada perusahaan atau situs web yang menawarkan jenis konten, layanan, atau produk serupa yang Anda lakukan, namun dapat berupa situs web yang bersaing dengan Anda di hasil penelusuran untuk kata kunci target Anda.

2. Validasi pesaing SEO anda

Setelah Anda memiliki pesaing potensial yang telah Anda kumpulkan dari berbagai sumber yang relevan saatnya untuk memvalidasi mereka, dengan menganalisis dan memfilter yang benar-benar telah ditentukan, dan sejauh mana, untuk kata kunci yang sama dengan yang Anda targetkan.

Selain itu, pada tahap ini Anda juga akan memperluas daftar kata kunci target potensial dengan melakukan penelitian kata kunci. Ini harus menggunakan sumber di luar yang telah Anda identifikasi berasal dari pesaing Anda dan sumber data penelusuran organik saat ini yang pesaing Anda atau Anda sendiri masih belum rangking, yang mungkin merupakan peluang baru.

3. Bandingkan dengan pesaing SEO Anda

Setelah Anda memiliki pesaing SEO dan kata kunci target potensial, Anda dapat mengumpulkan, daftar, dan membandingkan situs Anda dengan pesaing Anda, dengan menggunakan semua data yang relevan untuk memilih dan memprioritaskan kata kunci tersebut. Hal ini kemungkinan akan mencakup relevansi kata kunci, peringkat saat ini, volume pencarian, halaman peringkat, serta popularitas link domain, pengoptimalan konten, dan karakteristik hasil halaman, antara lain.

4. Pilih kata kunci target anda

Akhirnya saatnya menganalisis data yang sebelumnya dikumpulkan untuk situs Anda sendiri dan pesaing Anda, dengan menggunakan kriteria yang ditentukan untuk memilih kata kunci terbaik yang ditargetkan untuk situasi Anda sendiri dalam jangka pendek, menengah, dan panjang selama proses SEO Anda: Dengan relevansi tertinggi, volume pencarian, dan profitabilitas. Titik awal terbaik adalah dalam peringkat di mana Anda bersaing dari sudut pandang popularitas dan konten.

Alat & sumber data

Sumber dan alat data-selain yang tradisional dari mesin pencari, seperti kata kunci atau alat webmaster-yang dapat membantu Anda menerapkan proses (beberapa di antaranya disebutkan dalam alur kerja) adalah:

Mudah-mudahan dengan sumber daya ini Anda akan dapat mengembangkan analisis kompetitif SEO yang lebih dan lebih baik!

source : https://moz.com/blog/illustrated-seo-competitive-analysis-workflow